KUNCI JAWABAN PASCA ASSESMENT ATAU POST TEST GURU BELAJAR DAN BERBAGI BIMTEK UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL)
1. Inklusif merupakan filosofi hidup dengan keberagaman. Dalam filosofi ini keberagaman bukan dianggap sebagai sebuah penghambat, namun merupakan sebuah pendorong kesuksesan untuk semua.
o Benar
o Salah
Correct
Inklusif merupakan filosofi hidup dengan keberagaman. Filosofi ini memandu kita untuk hidup dalam keberagaman, belajar dari keberagaman dan terus mencari cara-cara terbaik untuk merespon terhadap keberagaman. Dalam filosofi ini, keberagaman bukan dianggap sebagai sebuah penghambat, namun merupakan sebuah pendorong kesuksesan untuk semua.
2. Proses desain pada pembelajaran menggunakan pendekatan Universal Design For Learning mengarah pada materi dan pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang ada.
o Benar
o Salah
Correct
Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka perencanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan akses yang bermakna dan mengurangi hambatan belajar peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam, termasuk, peserta didik berkebutuhan khusus. UDL menyediakan kurikulum yang menantang, menarik dan fleksibel bagi semua peserta didik
3. Universal Design For Learning dikembangkan berdasarkan penelitian tentang tiga jaringan otak yang terlibat yakni affective (mengapa kita harus mempelajari ini), recognition (apa yang akan kita pelajari) dan strategic ( bagaimana cara kita mempelajarinya). Dibawah ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan guru untuk membuat ketiga jaringan tersebut terlibat, kecuali . . .
o Guru harus mampu menstimulasi mengenai mengapa mereka harus mempelajarinya, apa relevansinya dalam kehidupan mereka sehingga terbangun rasa ketertarikan peserta didik pada pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar
o Guru harus mampu merepresentasikan materi dengan berbagai cara untuk dapat mengakomodasi keunikan gaya belajar, potensi dan tantangan yang dimiliki oleh setiap peserta didik
o Guru harus mampu menyajikan cara yang sama kepada semua anak tanpa mempertimbangkan keunikan gaya belajar, potensi dan tantangan yang dimiliki setiap peserta didik.
o Guru harus memberikan keempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan atau mengekspresikan apa yang telah mereka pelajari dengan cara mereka
Correct
Dalam UDL untuk mengoptimalkan ketiga jaringan tersebut maka yang dapat dilakukan guru adalah untuk jaringan affective guru harus menstimulasi mengenai mengapa mereka harus mempelajarinya dan relevansinya dalam kehidupan, untuk jaringan recognition guru harus mampu mempresentasikan materi dengan berbagai cara untuk dapat mengakomodasi kekhasan peserta didik dalam belajar dan untuk jaringan strategic guru harus memberikan kesempatan peserta didik untuk dapat mengekspresikan apa yang telah mereka pelajari
4. Universal Design For Learning menyediakan kerangka kerja untuk melaksanakan pembelajaran yang diawali dengan . . .
o Identifikasi tujuan pembelajaran untuk semua siswa yang ada di kelas
o Memilih metode pengajaran yang akan dipergunakan
o Meninjau materi yang akan dipergunakan dalam pembelajaran
o Memberikan umpan balik pada proses pembelajaran yang terjadi
Correct
Dasar dari desain universal untuk pembelajaran terletak berawal pada bagaimana kemampuan guru mengidentifikasi apa yang akan dicapai dalam pembelajaran bagi seluruh peserta didik di dalam kelas melalui perencanaan pembelajaran yang efektif
5. Dalam implementasi Universal Design For Learning, pada perencanaan salah satu hal yang dapat dilakukan guru adalah meninjau materi yang akan dipergunakan dalam pelajaran. Materi kurikulum yang dibuat didasarkan pada prinsip-prinsip UDL dirancang untuk dapat menjadi kurikulum yang . . .
o Sesuai dengan standar kurikulum yang dipergunakan
o Sesuai karakteristik peserta didik
o Adaptif, fleksibel dan variatif
o Diberlakukan dengan standar yang sama untuk semua peserta didik
Correct
Pada proses perencanaan pembelajaran dalam mengimplementasikan UDL, Materi yang dikembangkan dalam kurikulum hendaknya dibuat berdasarkan prinsip-prinsip UDL dirancang untuk menjadi adaptif, fleksibel dan variatif untuk mengakomodasi keberagaman peserta didik sehingga mampu memperbesar peluang keberhasilan peserta didik di dalam kelas
6. Menyediakan berbagai upaya untuk peserta didik dapat terlibat dan termotivasi dalam belajar serta memberikan rangsangan untuk menumbuhkan minat dalam belajar merupakan salah satu prinsip penerapan prinsip UDL yakni . . .
o Multiple means of representation
o Multiple means of action and expression
o Multiple means of engagement
o Multiple means of action and representation
Correct
Pada Prinsip Multiple Means of Engagement / keterlibatan guru menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif yaitu mengapa kita belajar salah satunya adalah dengan menyediakan berbagai upaya untuk peserta didik dapat terlibat dan termotivasi dalam belajar
7. Contoh dari penerapan prinsip Multiple means of representation dalam pembelajaran adalah . . .
o Menyediakan berbagai representasi media, metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik
o Memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengekspresikan apa yang dipahami tak hanya melalui tes, namun juga projek, portofolio
o Mendukung dan memotivasi peserta didik untuk mengoptimalkan pilihan terhadap minatnya
o Meminimalkan hambatan dan gangguan dalam belajar.
Correct
Pada Prinsip Multiple Means of Representation / Representasi guru berupa menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara guru dalam memberikan makna pada pembelajaran dengan salah satunya menyediakan berbagai representasi media, metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik
8. Contoh dari penerapan prinsip Multiple means of action and expression dalam pembelajaran adalah . . .
o Menyediakan berbagai representasi media, metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik
o Melakukan asesmen untuk mengetahui gaya belajar peserta didik, potensi dan tantangan yang dimiliki setiap peserta didik dalam belajar
o Mendukung dan memotivasi peserta didik untuk mengoptimalkan pilihan terhadap minatnya
o Memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengekspresikan apa yang mereka pahami seperti melalui presentasi oral, pembuatan poster, gambar, dsb
Correct
Pada Prinsip Multiple Means of Action and Expression/ Aksi dan Ekspresi guru menyediakan berbagai cara yaitu berupa tindakan dan ekspresi sebagai upaya dalam mendukung cara belajar yang strategis yang terkait bagaimana kita belajar dengan salah satunya memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengekspresikan apa yang mereka pahami dalam pembelajaran
9. Alternatif cara yang dapat dilakukan dalam mengevaluasi peserta didik yang beragam, kecuali. . .
o Evaluasi sesuai dengan standar dan dengan cara yang sama dengan peserta didik lain
o Evaluasi sesuai dengan standar namun disertai dengan akomodasi tertentu
o Evaluasi disamakan untuk semua peserta didik di kelas
o Evaluasi alternatif dengan standar kesulitan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik
Correct
Dalam kelas dengan kondisi peserta didik yang beragam maka didalamnya juga terdapat keberagaman potensi dan kemampuan peserta didik di kelas. Dalam salah satu prinsip UDL yakni Multiple Means of Action and Expression/ Aksi dan Ekspresi didalamnya guru memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengekspresikan apa yang mereka pahami dan hal ini tentunya mendorong guru untuk memilih cara penilaian yang beragam sesuai dengan kemampuan dan cara mereka memahami materi.
10. Dalam implementasi UDL, akomodasi dapat pula diberikan dalam proses evaluasi, dibawah ini yang merupakan contoh akomodasi dalam proses evaluasi yaitu . . .
o cara menjawab soal
o menyajikan materi yang bervariasi
o pengelompokkan peserta didik dalam proses belajar
o penyediaan sarana prasarana penunjang pembelajaran
1. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam melakukan identifikasi hambatan peserta didik secara langsung, kecuali …..
o Penyebab munculnya hambatan pada peserta didik
o Kemampuan peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
o Perkembangan peserta didik saat ini dibandingkan dengan peserta didik tipikal
o Kondisi fisik peserta didik yang diidentifikasi
2. Peserta didik dengan lambat belajar seringkali memerlukan waktu yang lama dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mengantisipasi hal tersebut, langkah apa yang dapat dilakukan oleh guru?
o Menerapkan generalisasi untuk semua peserta didik di kelas
o Memperbanyak materi yang disampaikan
o Menjadikan tugas rumah untuk materi yang tidak dipahami
o Memvariasikan sumber belajar
3. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud pengakuan kebhinekaan manusia merupakan salah satu landasan . . . dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif.
o Empiris
o Yuridis
o Filosofis
o Humanis
4. Kurikulum yang digunakan pada sekolah inklusi adalah kurikulum umum (reguler) dapat diadaptasi sesuai dengan kemampuan potensi dan karakteristik kebutuhan peserta didik. Adaptasi yang dapat dilakukan salah satunya adalah adaptasi pada tujuan. Manakah pernyataan dibawah ini yang mendefinisikan pada adaptasi tujuan…
o Perubahan dalam sistem penilaian untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus
o Tujuan-tujuan pembelajaran yang ada dalam kurikulum umum dirubah untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus
o Materi-materi pelajaran yang diberlakukan untuk peserta didik tipikal dirubah untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus
o Penyesuaian kegiatan pembelajaran yang dijalani oleh peserta didik berkebutuhan khusus dengan yang dialami oleh peserta didik pada umumnya
5. Apa tiga prinsip utama UDL?
o Consultation, Persistence, and Reflection
o Engagement, Representation, and Action & Expression
o Identification, Participation, and Communication
o Demonstration, Familiarization, and Expression
6. Untuk merancang lingkungan belajar menggunakan kerangka kerja UDL, Anda perlu memahami area penting mana?
o Variabilitas peserta didik dan akses
o Tujuan dan fleksibilitas
o Pilihan
o Semua benar
7. Bagian besar dari implementasi UDL yang berhasil adalah menarik minat peserta didik. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan strategi UDL untuk melibatkan peserta didik?
o Memaksimalkan pilihan individu dan otonomi
o Mengoptimalkan relevansi, nilai, dan autentisitas
o Mengoptimalkan nilai hiburan
o Mengurangi gangguan dan hambatan
8. Berikut adalah contoh yang tepat dalam menyoroti hubungan struktural dalam kalimat dan membuat hubungan antar kata menjadi jelas, kecuali:
o Main bulutangkis.
o Bola kaki.
o Danu lari keliling lapangan.
o Baca buku
9. Dalam Universal Design Learning (UDL), multiple means of representation mengacu pada:
o Informasi disajikan untuk meningkatkan pengenalan dan pemahaman.
o Informasi dinilai untuk menentukan pengakuan dan pemahaman.
o Informasi digunakan untuk memotivasi peserta didik dan mempertahankan keterikatan dalam pembelajaran.
o Informasi digunakan untuk melibatkan peserta didik.
10. Contoh dari multiple of representation adalah:
o Memilih alat tulis yang akan digunakan peserta didik.
o Meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi yang berkaitan dengan topik pembelajaran.
o Menyajikan informasi pembelajaran melalui tampilan visual.
o Pengelompokkan yang fleksibel untuk pembelajaran yang kooperatif.
11. Berikut adalah pilihan penyajian materi pembelajaran bagi peserta didik dengan hambatan pendengaran, kecuali:
o Menggunakan benda fisik atau benda nyata untuk menjelaskan sesuatu.
o Menyediakan suara untuk menjelaskan suatu gambar dan bacaan
o Menggunakan sumber visual untuk memperjelas kosakata baru.
o Menggaris bawahi hubungan antara penyajian teks dan gambar.
12. Dalam pelajaran Bahasa Inggris, peserta didik diminta untuk menyusun teks narasi sederhana. Untuk memastikan peserta didik tidak melakukan kesalahan dalam tata bahasa, guru menyediakan peserta didik dengan aplikasi pengecek tata bahasa. Hal yang dilakukan oleh guru ini merupakan aplikasi dari prinsip?
o Memandu pencapaian yang relevan
o Menggunakan berbagai alat untuk mengkonstruksi dan menyusun respon
o Menggunakan berbagai jenis media untuk berkomunikasi
o Membangun kemahiran dalam belajar dengan dukungan berjenjang
13. Guru menggunakan forum diskusi secara daring untuk menjaring respon peserta didik. Hal ini merupakan penerapan dari prinsip?
o Menggunakan berbagai jenis media untuk berkomunikasi
o Memfasilitasi manajemen informasi dan sumber
o Mengpotimalisasikan akses ke alat dan teknologi asistif
o Memandu pencapaian yang relevan
14. Pak Rio berusaha menciptakan iklim kelas yang dapat menstimulus minat belajar peserta didik. Iklim kelas yang … yang harus diciptakan Pak Rio
o penuh ancaman dan stimulasi sensori
o penuh eksplorasi dan gangguan
o minimal partisipasi dan komunikasi aktif
o minimal ancaman dan gangguan
15. Abdi sangat tertarik bidang Seni Kriya. Ukiran bertema floral adalah favoritnya. Dia sering gagal membuat ukiran tersebut pada awalnya. Akan tetapi dengan latihan secara terus menerus hasil ukiran Abdi semakin halus dan rapi. Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa … akan menghasilkan hasil yang maksimal.
o Ketekunan
o Keteguhan
o Kepercayaan
o Keyakinan
16. Kerjasama dalam suatu komunitas dapat terjalin erat manakala memiliki … pada minat dan kegiatan.
o Perbedaan
o Kesamaan
o Kesetaraan
o Keseimbangan
17. Putra memahami akan … sehingga ia mampu mengendalikan pikiran, perasaan dan perilaku yang direncanakan untuk mewujudkan suatu tujuan.
o bakat diri
o ketekunan diri
o regulasi diri
o indikasi diri
18. Manakah dari hal berikut ini yang mewakili pendekatan penilaian UDL?
o Yang mencerminkan tujuan pembelajaran dan dilakukan secara berkelanjutan
o Salah satu yang menghubungkan tujuan pembelajaran dengan cara untuk menunjukkan bahwa pembelajaran dan memungkinkan pemberian dukungan
o Penggunaan format tunggal dan menghalangi penggunaan beberapa dukungan
o Yang memberikan kesempatan fleksibel untuk menunjukkan pembelajaran atau keterampilan dan bergantung pada evaluasi sumatif
19. Sebelum guru dapat mengizinkan peserta didik beberapa cara untuk mengakses dan mendemonstrasikan pembelajaran mereka, seorang guru harus terlebih dahulu mengetahui yang mana dari yang berikut ini tentang tujuan pembelajaran yang ingin dia ciptakan?
o Bagaimana siswa menunjukkan pencapaian tujuan dengan cara tertentu
o Bagaimana siswa akan mencapai tujuan
o Kemungkinan hambatan yang mencegah penyelesaiannya
o Penilaian apa yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan
20. Lengkapi pernyataan ini: Pembelajaran konvensional tidak memenuhi prinsip UDL karena…
o teknologi rendah.
o flexibel.
o kedaluwarsa.
o kaku.
21. Memberikan contoh (example) dan bukan-contoh (non-example), memanfaatkan pengelompokan yang fleksibel, keterampilan pemodelan dalam berbagai cara, dan menawarkan pilihan dalam konten dan alat semuanya. Strategi ini merupakan contoh dari…
o persyaratan bagi siswa untuk diselesaikan dalam pelajaran UDL.
o hambatan potensial yang menghambat kemajuan siswa.
o dukungan penyampaian bagi guru yang memiliki preferensi belajar kinestetik.
o metode pembelajaran yang membahas prinsip UDL.
22. Menyediakan berbagai upaya untuk peserta didik dapat terlibat dan termotivasi dalam belajar serta memberikan rangsangan untuk menumbuhkan minat dalam belajar merupakan salah satu prinsip penerapan prinsip UDL yakni . .
o Multiple means of representation
o Multiple means of action and expression
o Multiple means of engagement
o Multiple means of action and representation
23. Contoh dari penerapan prinsip Multiple means of representation dalam pembelajaran adalah . .
o Menyediakan berbagai representasi media, metode yang dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik
o Memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk mengekspresikan apa yang dipahami tak hanya melalui tes, namun juga projek, portofolio
o Mendukung dan memotivasi peserta didik untuk mengoptimalkan pilihan terhadap minatnya
o Meminimalkan hambatan dan gangguan dalam belajar.
24. Alternatif cara yang dapat dilakukan dalam mengevaluasi peserta didik yang beragam, kecuali. . .
o Evaluasi sesuai dengan standar dan dengan cara yang sama dengan peserta didik lain
o Evaluasi sesuai dengan standar namun disertai dengan akomodasi tertentu
o Evaluasi disamakan untuk semua peserta didik di kelas
o Evaluasi alternatif dengan standar kesulitan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik
25. Dalam implementasi UDL, akomodasi dapat pula diberikan dalam proses evaluasi, dibawah ini yang merupakan contoh akomodasi dalam proses evaluasi yaitu . . .
o cara menjawab soal
o menyajikan materi yang bervariasi
o pengelompokkan peserta didik dalam proses belajar
o penyediaan sarana prasarana penunjang pembelajaran
ULASAN PENULIS; KUNCI JAWABAN DI ATAS MEMILIKI TINGKAT AKURASI 95 PERSEN BERDASARKAN HASIL BIMTEK UDL ANGKATAN 1. SEMOGA BERMANFAAT, AYO BERSAMA TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. ANDA ADALAH SALAH SATU GURU LUAR BIASA. UNTUK MELIHAT KUNCI QIUS BIMTEK UDL KLIK DI SINI.