KUNCI JAWABAN GURU BELAJAR DAN BERBAGI
BIMTEK UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL)
1. Pak Tono adalah seorang guru yang akan menerapkan prinsip multiple means of engagement (prinsip keterlibatan) sehingga beliau harus menyediakan…
o Konten dengan berbagai cara yang mendukung pembelajaran
o Sarana yang melibatkan, memotivasi belajar dan menumbuhkan minat peserta didik
o Tindakan dan ekspresi yang mendukung cara belajar yang strategis
o Konten, sarana, tindakan dan ekspresi yang mendukung pembelajaran
Correct
Prinsip Keterlibatan adalah salah satu prinsip UDL dimana guru mampu menyediakan sarana yang dapat melibatkan seluruh peserta didik sehingga dapat menstimulus minat dan memotivasi belajar mereka.
2. Salah satu kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah memiliki kemauan yang kuat dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut perlu ditumbuhkan oleh guru ketika proses pembelajaran di dalam kelas. Kemauan tersebut disebut juga dengan ….
o Minat
o Bakat
o Kodrat
o Fitrah
Correct
Minat merupakan suatu kemauan seseorang untuk melakukan sesuatu.
3. Bu Nuri memberikan keleluasaan peserta didiknya untuk memilih anggota kelompoknya masing-masing. Hal itu berarti Bu Nuri telah mengoptimalkan ….
o Partisipasi dan kemampuan mengambil keputusan peserta didik
o Mengatur akademik dan kemampuan partisipasi peserta didik
o Pilihan pribadi dan kemampuan mengambil keputusan peserta didik
o Keterlibatan dan kemampuan mengatur akademik peserta didik
Correct
Keleluasaan peserta didik untuk memilih anggota kelompoknya merupakan wujud pengoptimakan pilihan pribadi dan kemampuan mengambil keputusan dari peserta didik.
4. Pak Rio berusaha menciptakan iklim kelas yang dapat menstimulus minat belajar peserta didik. Iklim kelas yang … yang harus diciptakan Pak Rio.
o Penuh ancaman dan stimulasi sensori
o Penuh eksplorasi dan gangguan
o Minimal partisipasi dan komunikasi aktif
o Minimal ancaman dan gangguan
Correct
Iklim kelas yang minimal ancaman dan gangguan merupakan iklim kelas yang dapat menstimulus minat belajar peserta didik.
5. Abdi sangat tertarik bidang Seni Kriya. Ukiran bertema floral adalah favoritnya. Dia sering gagal membuat ukiran tersebut pada awalnya. Akan tetapi dengan latihan secara terus menerus hasil ukiran Abdi semakin halus dan rapi. Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa … akan menghasilkan hasil yang maksimal.
o Ketekunan
o Keteguhan
o Kepercayaan
o Keyakinan
Correct
Ketekunan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang secara terus menerus, terarah dan terjadwal dalam mengolah bahan mata pelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan karya yang maksimal.
6. Bu Santi ingin mengajarkan bagaimana cara mengoprasikan laptop kepada peserta didiknya. Sebelum itu Bu Santi perlu terlebih dahulu menerangkan apa saja kegunaan dari laptop tersebut. Hal tersebut dapat meningkatkan ketekunan belajar peserta didik karena peserta didik mengetahui arti penting … kegunaan dari laptop tersebut.
o Tujuan dan tahap
o Langkah dan tahap
o Motivasi dan petunjuk
o Tujuan dan sasaran
Dalam bimtek UDL akan disajikan Soal berbentuk vidio pembelajaran,
Pembahasan:
Cek jawaban kalian dengan paparan berikut!
1. Bagaimana Pak Budi memenuhi kebutuhan gaya belajar siswa visual, auditory, tactile, dan kinestetik? Apakah ada gaya belajar yang terlewat atau belum diakomodir?
Pembelajar Visual Presentasi dengan power point, melihat bagian daun dengan mikroskop, penggunaan soal tertulis atau akses computer yang memudahkan akses visual.
Pembelajar Auditori Ceramah, tes di computer yang mungkin memberikan akses siswa untuk mendengar soal melalui konversi bacaan ke suara.
Pembelajar Taktil Aktivitas praktik mengerjakan ilustrasi dengan benda nyata, uji coba proses fotosintesis yang memungkinkan untuk menyentuh benda secara langsung
Pembelajar Kinestetik Sepertinya tidak tercover di RPP
2. Evaluasi penerapan UDL dalam pembelajaran di kelas Pak Budi. Jelaskan mana yang kalian suka dan apa yang bisa dilakukan oleh Pak Budi untuk meningkatkan pembelajaran agar memenuhi kebutuhan semua siswa?
Pak Budi terlihat sudah menerapkan prinsip UDL ke dalam rancangan pembelajaran secara menyeluruh. Namun, peningkatan dapat dilakukan dalam fleksibilitas untuk aksi dan ekspresi serta penerapan prinsip untuk meningkatkan partisipasi. Pemberian pertanyaan dapat dibuat beragam.
3. Salah satu siswa Pak Budi adalah siswa dengan cerebral palsy yang menyebabkan kekakuan pada kedua tangannya. Hal tersebut menyebabkan ia kesulitan untuk menulis. Dengan RPP yang ada pada Pak Budi saat ini, apakah menurutmu siswa tersebut dapat menyerap dan mengekspresikan hasil belajar dengan maksimal?
Dimungkinkan siswa tersebut tetap mampu berpartisipasi aktif di kelas karena ia dapat terlibat dalam diskusi kelompok kecil maupun diskusi kelas dan mendapat peluang mengemukakan pendapat secara lisan. Untuk evaluasi hasil belajar, ia dapat menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas.
Anda telah mempelajari penerapan pembelajaran berbasis UDL dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, item apa saja yang ada dalam rancangan pembelajaran tersebut.
1. Manakah dari definisi berikut yang paling menggambarkan Desain Universal untuk Pembelajaran?
o Ini adalah komponen dari pembelajaran yang berbeda.
o Ini adalah kerangka kerja untuk menciptakan lingkungan belajar agar dapat diakses bagi semua peserta didik
o Ini adalah serangkaian proses pembelajaran yang ditetapkan secara universal.
o Ini adalah teknik pembelajaran berbasis penelitian yang efektif dengan semua siswa.
Correct
Penjelasan:
UDL adalah kerangka konsep untuk belajar mengajar. Keberagaman siswa diakui dan diakomodasi dalam UDL karena perbedaan mereka dikenali sejak awal. Guru menyediakan berbagai pilihan belajar untuk peserta didik
2. Aspek “universal” dari UDL paling baik diwakili oleh frasa mana?
o Memberikan pendidikan yang sama untuk semua
o Memenuhi kebutuhan semua peserta didik
o Inklusi untuk siswa berkebutuhan khusus
o "Satu ukuran cocok untuk semua"
correct
Penjelasan:
Kadang orang berpikir kalau UDL bermanfaat sebatas pada anak dengan kebutuhan khusus, namun UDL juga dapat mendukung semua peserta didik dengan hambatan belajar karena berbagai faktor lainnya.
3. Apa tiga prinsip UDL?
o Hambatan, dukungan dan perancah, dan solusi
o Representasi, tindakan dan ekspresi, dan keterlibatan
o Kurikulum, Instruksi, dan Penilaian
o Ilmu saraf, kecenderungan genetik, dan olahraga
Correct
Penjelasan:
Tiga prinsip UDL adalah representasi, aksi dan ekspresi, dan keterlibatan.
4. Manakah dari hal berikut ini yang mewakili pendekatan penetapan tujuan berbasis UDL?
o Tujuan pembelajaran yang secara spesifik menetapkan bagaimana anak belajar
o Tujuan menyatakan cara tertentu bagaimana anak mengekspresikan hasil belajar
o Tujuan pembelajaran yang memberikan kejelasan target
o Tujuan pembelajaran yang memberikan kebebasan peserta didik mencapainya
correct
Penjelasan:
Guru perlu mengindentifikasi tujuan pembelajaran sehingga akan lebih mudah membuat pembelajan berjenjang dan sistematis dan memberikan bantuan.
5. Manakah dari hal berikut ini yang mewakili pendekatan penilaian UDL?
o Yang mencerminkan tujuan pembelajaran dan dilakukan secara berkelanjutan
o Salah satu yang menghubungkan tujuan pembelajaran dengan cara untuk menunjukkan bahwa pembelajaran dan memungkinkan pemberian dukungan
o Penggunaan format tunggal dan menghalangi penggunaan beberapa dukungan
o Yang memberikan kesempatan fleksibel untuk menunjukkan pembelajaran atau keterampilan dan bergantung pada evaluasi sumatif
correct
Penjelasan:
Untuk mengevaluasi hasil pembelajaran secara efektif, guru harus mengidentifikasi keterampilan atau pengetahuan yang menjadi target pembelajaran dengan memantau perkembangan belajar siswa dari waktu ke waktu.
6. Manakah dari berikut ini yang benar dari rubrik dalam hal penilaian penilaian UDL?
o Mereka harus dalam format digital
o Mereka dapat dimanfaatkan jika disediakan oleh penerbit buku teks
o Mereka hendaknya diberikan kepada siswa setelah pertunjukan atau demonstrasi mereka
o Mereka adalah metode evaluasi yang efektif
correct
Penjelasan:
Rubrik merupakan metode evaluasi yang efektif berisi panduan tentang kriteria penilaian yang akan guru-guru gunakan dalam mengevaluasi hasil pekerjaan anak yang beragam.
7. Menurut UDL, apa saja empat komponen kurikulum yang utama?
o Desain instruksional, metode dan bahan, evaluasi, dan refleksi
o Tujuan pembelajaran, bahan ajar, metode pembelajaran , dan penilaian
o Perencanaan kurikulum, desain kurikulum, pemberlakuan kurikulum, evaluasi kurikulum
o Desain kurikulum, bahan perencanaan, metode instruksional, dan penilaian siswa
correct
Penjelasan:
Empat komponen pembelajaran:
1. Tujuan pembelajaran: deskripsi tentang target pembelajaran yang ditetapkan untuk siswa.
2. Materi pembelajaran: Media dan alat yang digunakan untuk mengajarkan materi
3. Media pembelajaran: Alat yang digunakan untuk mengajarkan materi
4. Evaluasi pembelajaran
8. Sebelum guru dapat mengizinkan siswa beberapa cara untuk mengakses dan mendemonstrasikan pembelajaran mereka, seorang guru harus terlebih dahulu mengetahui yang mana dari yang berikut ini tentang tujuan pembelajaran yang ingin dia ciptakan?
o Bagaimana siswa menunjukkan pencapaian tujuan dengan cara tertentu
o Bagaimana siswa akan mencapai tujuan
o Kemungkinan hambatan yang mencegah penyelesaiannya
o Penilaian apa yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan
correct
Penjelasan:
Guru perlu mengidentifikasi hambatan belajar untuk menetapkan solusi penetapan tujuan berbasis UDL.
9. Lengkapi pernyataan ini! Pembelajaran konvensional tidak memenuhi prinsip UDL karena…
o Teknologi rendah
o Fleksibel
o Kedaluwarsa
o Kaku
correct
Penjelasan:
Banyak guru menggunakan pembelajaran tradisional untuk mengajar sehingga sebagian peserta didik dapat mengikuti, namun tidak semua peserta didik karena kaku atau tidak fleksibel.
10. Memberikan banyak contoh dan bukan-contoh, memanfaatkan pengelompokan yang fleksibel, keterampilan pemodelan dalam berbagai cara, dan menawarkan pilihan dalam konten dan alat semuanya
o Persyaratan bagi siswa untuk diselesaikan dalam pelajaran UDL
o Hambatan potensial yang menghambat kemajuan siswa
o Dukungan penyampaian bagi guru yang memiliki preferensi belajar kinestetik
o Metode pembelajaran yang membahas prinsip UDL
Correct
Penjelasan:
Metode pembelajaran berbasis UDL, contohnya: Memberikan banyak contoh dan bukan-contoh, memanfaatkan pengelompokan yang fleksibel, keterampilan pemodelan dalam berbagai cara, dan menawarkan pilihan dalam konten dan alat semuanya.
KUNCI QUIZ 1 UDL
1. Pendidikan Inklusif hakikatnya merupakan filosofi pendidikan dan bukan merujuk pada istilah kebijakan atau legislasi dalam pendidikan.
o Benar
o Salah
Correct
inklusif merupakan filosofi tentang hidup dengan keberagaman, belajar dari keberagaman, dan belajar dengan keberagaman. Inklusif merupakan sebuah proses, yaitu dimana kita terus mencari cara-cara terbaik untuk berespon terhadap keberagaman
2. Layanan pendidikan inklusif memberikan kesempatan bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk dapat belajar bersama peserta didik tipikal di sekolah/kelas umum dengan menggunakan kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut dan mengharuskan peserta didik berkebutuhan khusus menyesuaikan pada kurikulum tersebut.
o Benar
o Salah
Correct
Dalam layanan pendidikan inklusif, sangat memungkinkan bagi guru untuk memodifikasi dan mengadaptasi kurikulum khususnya jika terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan berpartisipasi dalam kegiatan belajar
3. Berikut ini yang bukan merupakan elemen penting dalam inklusi menurut UNESCO dalam Guidelines For Inclusion: Ensuring Access to Education For All adalah . . .
o Inklusi adalah proses
o Inklusi adalah tentang kehadiran, partisipasi, dan prestasi semua siswa
o Inklusi hanya diperuntukkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus
o Inklusi melibatkan penekanan khusus pada kelompok peserta didik yang mungkin berada di resiko terpinggirkan, exclusion, kurang berprestasi
Correct
Menurut UNESCO (2005:15-16) dalam Guidelines for Inclusion: Ensuring Access to Education for All menyatakan ada empat elemen penting dalam inklusi: 1. Inklusi adalah proses (Inclusion is a process). 2. Inklusi berkaitan dengan identifikasi dan menghilangkan hambatan (Inclusion is concerned with the identification and removal of barriers). 3. Inklusi adalah tentang kehadiran, partisipasi dan prestasi semua siswa. 4. Inklusi melibatkan penekanan khusus pada kelompok peserta didik yang mungkin berada di risiko terpinggirkan, exclusion, kurang berprestasi.
4. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud pengakuan kebhinekaan manusia merupakan salah satu landasan . . . dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif.
o Empiris
o Yuridis
o Filosofis
o Humanis
Correct
Bertolak dari filosofi Bhineka Tunggal Ika, keberagaman termasuk di dalamnya anak berkebutuhan khusus merupakan salah satu bentuk kebhinekaan, seperti halnya perbedaan suku, ras, bahasa, budaya, atau agama. Sistem pendidikan harus memungkinkan terjadinya pergaulan dan interaksi antar peserta didik yang beragam, sehingga mendorong sikap silih asah, silih asih, dan silih asuh dengan semangat toleransi yang nampak atau dicita–citakan dalam kehidupan sehari–hari
5. Sasaran dari penyelenggaraan pendidikan inklusif adalah semua anak usia sekolah termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) baik yang mengalami hambatan permanen maupun temporer. Dibawah ini yang merupakan anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan temporer adalah . . .
o Hambatan penglihatan
o Hambatan intelektual
o Peserta didik korban bencana alam
o Hambatan fisik
Correct
Anak berkebutuhan khusus yang bersifat sementara (temporer) adalah anak yang mengalami hambatan belajar dan hambatan perkembangan disebabkan oleh faktor-faktor eksternal.
6. Upaya untuk mengetahui kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik, hambatan atau kesulitan yang dialami, mengetahui latar belakang mengapa hambatan/kesulitan itu muncul dan untuk mengetahui bantuan apa yang dibutuhkan untuk dibuatkan program pembelajaran yang tepat bagi peserta didik merupakan pengertian dari proses . . .
o Modifikasi
o Identifikasi
o Asesmen
o Intervensi
Correct
Asesmen bagi PDBK adalah suatu proses pengumpulan informasi tentang peserta didik secara menyeluruh yang berkenaan dengan kondisi objektif peserta didik termasuk kebutuhan belajar, potensi dan hambatan yang akan digunakan sebagai dasar dalam penentuan layanan dan penyusunan program pembelajaran serta program kebutuhan khusus yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan PDBK.
7. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam melakukan identifikasi hambatan peserta didik secara langsung, kecuali . . .
o Penyebab munculnya hambatan pada peserta didik
o Kemampuan peserta didik dalam mata pelajaran tertentu
o Perkembangan peserta didik saat ini dibandingkan dengan peserta didik tipikal
o Kondisi fisik peserta didik yang diidentifikasi
Correct
Identifikasi PDBK dapat dilakukan melalui proses penjaringan dengan mendapatkan data mengenai peserta didik mana yang mengalami hambatan belajar dan/atau yang mengalami keterlambatan dalam aspek perkembangan. Tiga gejala yang harus diamati pada peserta didik dalam proses identifikasi meliputi (1) gejala fisik (2) gejala perilaku (3) gejala hasil belajar.
8. Seorang Guru kelas 2 SD menemukan peserta didik di kelasnya memiliki hambatan dalam membaca kalimat dalam paragraf. Peserta didik tersebut juga mengalami kesulitan dalam menuliskan kata-kata dalam paragraf yang disebutkan oleh guru. Pengumpulan informasi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah . . .
o Asesmen perkembangan
o Asesmen kekhususan
o Asesmen Akademik
o Asesmen kompensatoris
Correct
Asesmen akademik adalah suatu proses untuk mengetahui kondisi/kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) dalam bidang akademik.
9. Peserta didik dengan lambat belajar seringkali memerlukan waktu yang lama dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mengantisipasi hal tersebut, langkah apa yang dapat dilakukan oleh guru?
o Menerapkan generalisasi untuk semua peserta didik di kelas
o Memperbanyak materi yang disampaikan
o Menjadikan tugas rumah untuk materi yang tidak dipahami
o Memvariasikan sumber belajar
Correct
Dalam memberikan layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam setting pendidikan inklusif guru dapat menerapkan akomodasi dalam pembelajaran. Akomodasi berkaitan pada penyesuaian dan modifikasi yang bisa diberikan kepada peserta didik untuk dapat membantu peserta didik dalam belajar dengan menghilangkan hambatan yang ada dalam pembelajaran dan memperbesar peluang keberhasilan bagi setiap peserta didik untuk belajar di dalam kelas
10. Kurikulum yang digunakan pada sekolah inklusi adalah kurikulum umum (reguler) dapat diadaptasi sesuai dengan kemampuan potensi dan karakteristik kebutuhan siswa. Adaptasi yang dapat dilakukan salah satunya adalah adaptasi pada tujuan. Manakah pernyataan dibawah ini yang mendefinisikan pada adaptasi tujuan…
o Perubahan dalam sistem penilaian untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus
o Tujuan-tujuan pembelajaran yang ada dalam kurikulum umum dirubah untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus
o Materi-materi pelajaran yang diberlakukan untuk peserta didik tipikal dirubah untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus.
o Penyesuaian kegiatan pembelajaran yang dijalani oleh peserta didik berkebutuhan khusus dengan yang dialami oleh peserta didik pada umumnya
Correct
Adaptasi kurikulum bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan potensi dan mengatasi hambatan belajar. Penyesuaian salah satunya dapat dilakukan dengan adaptasi tujuan yang berarti adanya penyesuaian pada tujuan-tujuan yang ada dalam kurikulum untuk disesuaikan dengan kondisi peserta didik berkebutuhan khusus
KUNCI JAWABAN QUIZ 2 UDL
1. Manakah dari berikut ini yang paling akurat menggambarkan UDL?
o Kurikulum yang membantu guru untuk menerapkan pembelajaran untuk semua.
o Checklist yang digunakan guru untuk mengevaluasi pembelajaran
o Sebuah kerangka kerja untuk merancang lingkungan belajar dan pelajaran yang tidak ada hambatan dan berbasis instruksional
o Panduan untuk mengevaluasi pembelajaran
Correct
Karena UDL adalah kerangka kerja, UDL memungkinkan kebebasan dan kreativitas dalam desain pembelajaran dan lingkungan pembelajaran. UDL membantu guru membuat pilihan berdasarkan informasi tentang segala hal mulai dari poster apa yang dipasang di dinding hingga strategi, sumber daya, dan alat apa yang akan mereka gunakan untuk mengajar.
2. Apa tiga prinsip utama UDL?
o Consultation, Persistence, and Reflection
o Engagement, Representation, and Action & Expression
o Identification, Participation, and Communication
o Demonstration, Familiarization, and Expression
Correct
UDL adalah kerangka kerja, yang merupakan kumpulan ide-ide besar yang terorganisir. CAST membuat pedoman, yang diatur oleh tiga prinsip yaitu Engagement, Representation, and Action& Expression
3. Untuk merancang lingkungan belajar menggunakan kerangka kerja UDL, Anda perlu memahami area penting mana?
o Variabilitas peserta didik dan akses
o Tujuan dan fleksibilitas
o Pilihan
o Semua benar
Correct
Untuk membuat lingkungan yang dirancang dengan UDL, Anda perlu memahami dan bertindak dalam enam area berbeda yaitu variabilitas pembelajar, akses, fleksibilitas, tujuan, ketelitian, dan pilihan.
4. Benar atau Salah: UDL bisa digunakan dalam semua mata pelajaran
o Benar
o Salah
Correct
Desain UDL dapat diterapkan dalam pembelajaran apa pun. Apa pun bidang studi Anda, Anda bisa membuat keputusan instruksional dengan UDL.
5. Benar atau Salah: UDL sebagian besar hanya membantu peserta didik berkebutuhan khusus.
o Benar
o Salah
Correct
Meskipun UDL tumbuh dari mengakomodasi kebutuhan peserta didik penyandang disabilitas, tinjauan lanjutan dari ilmu saraf dan aplikasi kelas telah dengan jelas mengidentifikasi UDL sebagai kerangka kerja yang layak dan bermanfaat untuk digunakan di kelas mana pun, terutama kelas pendidikan umum inklusif.
6. Bagian besar dari implementasi UDL yang berhasil adalah menarik minat siswa. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan strategi UDL untuk melibatkan peserta didik?
o Memaksimalkan pilihan individu dan otonomi
o Mengoptimalkan relevansi, nilai, dan autentisitas
o Mengoptimalkan nilai hiburan
o Mengurangi gangguan dan hambatan
Correct
Ketika guru berpikir tentang merekrut minat siswa, kita bisa terjebak pada aspek hiburan, tetapi merekrut minat lebih mendalam daripada hiburan sederhana.
7. Salah satu tujuan kerangka kerja UDL adalah untuk menghasilkan peserta didik yang…
o Pendiam, bertingkah laku baik, dan rajin
o Pandai, memiliki tujuan, dan termotivasi
o Ambisius, teratur, dan rapi
o Tidak ada salah satu diatas
Correct
Ketika lingkungan belajar dirancang untuk membantu peserta didik mendapatkan apa yang mereka butuhkan, Anda dapat mulai menggerakkan mereka ke posisi akhir sebagai pembelajar yang pandai, berpengetahuan, strategis, menetapkan tujuan, memiliki tujuan, dan termotivasi.
8. Menurut prinsip-prinsip UDL, manakah dari cara ekspresi berikut yang sesuai bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui tentang pelajaran?
o Podcast
o Gambar pada kertas karton
o Video pendek
o Semua diatas
Correct
Pertimbangkan semua cara peserta didik dapat mengkomunikasikan kepada kita apa yang mereka ketahui. Ketika kita mengizinkan peserta didik hanya satu cara untuk menunjukkan pengetahuan mereka, kita berisiko tidak menyadari apa yang telah mereka pelajari dan kesenjangan apa yang mungkin masih ada.
9. Benar atau salah: Hambatan pembelajaran dipengaruhi oleh lingkungan kelas
o Benar
o Salah
Correct
Lingkungan belajar, baik tatap muka atau online, perlu dirancang agar peserta didik tahu bahwa mereka dapat belajar, merasa disambut saat belajar, dan diberi kesempatan untuk mengungkapkan apa yang telah mereka pelajari. Lingkungan belajar meliputi lokasi fisik tempat belajar berlangsung dan hubungan-hubungan yang terjadi di tempat itu. Dengan demikian, lingkungan belajar dapat secara langsung berkontribusi terhadap hambatan belajar.
10. Menyediakan teks elektronik dan juga audio pembelajaran merupakan bagian dari prinsip
o Engagement
o Representation
o Action and Expression
o Evaluation
Correct
Menyediakan teks elektronik dan juga audio pembelajaran merupakan bagian dari prinsip.
ULASAN PENULIS;
KUNCI JAWABAN GURU BELAJAR DAN BERBAGI BIMTEK UDL DI ATAS MEMILIKI TINGKAT AKURASI 95 PERSEN. KEMUDIAN KUNCI JAWABAN BERUPA PILIHAN GANDA. ADAPUN KUNCI JAWABAN UNTUK ASSESMENT PASCA ATAU POST TEST BIMTEK DAPAT KLIK DI SINI.